talkum dalam kosmetika

Mengenal Talkum Dalam Kosmetika

Tahukah MOMS? Kenapa harus menghindari area hidung dan mulut saat memakai bedak??

🍒Pernahkah kita menumpahkan bedak dan jatuh kelantai? Apa yang terjadi? Lantainya licin?? Tepat sekali!!🌷

🍃Didalam bedak yang umum dipasaran terkandung bahan tambahan (exipient dalam farmasi) yaitu talcum/talk/talek. Bahan ini menjadi perbincangan hangat sejak dulu hingga kini karena dibeberapa penelitian menyebutkan bahwa talkum bisa menyebabkan kanker paru dan ovarium.

🍁Benarkah??
~Lalu bagaimana menyikapinya??

🍃Simak penjelasan berikut ini..

🌻Sebelum membahas benar tidaknya talkum bisa mengakibatkan kanker, baiknya kita kenalan dulu ya sama talkum ini.

🍁Talcum/Talek/ talk adalah bahan kimia alami berupa senyawa mineral. Untuk serbuknya sendiri berwarna putih terang dan halus. Talkum sulit sekali larut bahkan dalam pelarut apapun termasuk air. Talkum diperoleh dengan cara penambangan.

🍒Talkum dimanfaatkan dalam berbagai industri. Mulai dari industri makanan, obat, kosmetik juga industri perabot dan bangunan.

🎀 Di bidang farmasi, talkum biasa digunakan dalam pembuatan tablet, bedak gatal, dan larutan topikal. Sedangkan dalam industri kosmetik, talkum ada disetiap jenis-jenis make up mulai dari bedak, foundation, eyeshadow, blush on dan kawan kawannya.

🌻Apa sih kegunaan talkum?
Dalam pembuatan tablet talkum digunakan agar tablet tidak rapuh. Namun penggunaanya sudah jarang.
Dalam kosmetik talkum digunakan agar make up tidak cepat luntur, karena sifatnya yang tidak larut air.
Sedangkan dalam pembuatan bedak, talkum berfungsi agar serbuk bedak mudah dimasukkan dari mesin ke wadah tempat bedaknya. Bisa dibilang pelicin atau antiadherent dalam kefarmasian. Selain itu talkum juga berfungsi sebagai penambah masa, bobot dan volume sediaan bedak.

🍒 Itu dia manfaat talkum dalam berbagai bidang. Lalu benarkah talkum bisa menyebabkan kanker??

🌻Sekarang sudah tahukan kenapa industri kosmetik masih memakai talkum?? Biar ndak seret gitu nah dimesinnya hehe..

🌸sebenarnya sejak dulu talkum ramai diperbincangkan mengenai efek jangka panjangnya. Ada sebuah penelitian yang menyimpulkan bahwa talkum yang terhirup dalam jangka panjang bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem pernafasan. Tapi penelitiannya menggunakan jumlah talkum maksimal pada hewan percobaan. Yang pasti ketahanannya berbeda dengan manusia.

🍒Talkum ini merupakan senyawa mineral yang ditambang. Sumbernya sangat berdekatan dengan penambangan asbes. Nah, asbes inilah yang sudah terbukti memiliki sifat karsinogenik alias bisa mengakibatkan kanker..

⛳️loh loh loh? Asbes yang nyebabin kanker kok talkum yg disalahin???
Heeee
Jadi karena sumbernya yang berdeketan inilah sering terjadi kontaminasi asbes pada talkum. Sehingga asbes yang mengkontaminasi talkum jika dihirup dan masuk kedalam jaringan akan memicu terjadinya kanker..

🍒Untuk itu, industri yang menggunakan talkum pada bedaknya harus lulus uji bebas asbes. Talkum free asbestos ini ada dalam foodgrade, pharmaceutical grade, cosmetic grade, dan grade grade lainnya..
Pastikan kosmetik yang kita pakai free asbestos yaaah moms

⛳️Nah, terus yang kanker ovarium??? Gimana??
~Nah, ini nih yang perlu diperhatikan.. Penggunaan bedak mengandung talkum pada area genital (miss v) tidak diperbolehkan karena disinyalir talkum bisa terserap kedalam indung telur dan mengendap. Sudah ada kasus kanker ovari ini terjadi karena bertahun tahun menggunakan bedak talkum untuk mengeringkan miss v setelah pipis. Jadi mulai sekarang, bagi yang suka tepuk tepuk area v nya dede bayi pakai bedak talkum dihentikan yaaa moms, bisa juga bedak talkumnya diganti dengan maizena atau kaolin.

Sumber : Ahli Farmasi GDM Beauty Secret

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.