menghilangkan jerawat

Inilah 7 Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Aman

Banyak hal yang bisa memicu munculnya jerawat, mulai dari makanan, kebersihan kulit, hormon, hingga tekanan emosi. Ketika  remaja, jerawat bisa terjadi akibat perubahan hormon pada masa pubertas. Supaya tak mengganggu penampilan, terapkan tips menghilangkan jerawat yang tepat bagi kulitmu. Jerawat terjadi pada saat sel kulit mati dan minyak di kulit menyumbat pori-pori serta folikel rambut. Salah satu tips yang bisa kamu lakukan ialah penggunaan bahan alami. Apabila kamu sudah menggunakan berbagai macam  jenis obat jerawat tapi tak kunjung sembuh, jangan sedih.

Berikut ini ialah beberapa metode untuk menghilangkan jerawat yang efektif dan aman untuk kulitmu:

1. Mengatasi Jerawat dengan Madu

Tips menghilangkan jerawat yang pertama dan mudah sekali kamu lakukan ialah dengan madu. Madu, khususnya madu manuka, dipercaya bisa menghilangkan jerawat di wajah. Pasalnya, madu ini mengandung antibakterial yang sangat bagus untuk menghilangkan jerawat dan menyembuhkan luka. Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan campuran madu dengan bubuk kayu manis untuk menghilangkan jerawat. Tipsnya ialah dengan mencampurkan satu sendok makan bubuk kayu manis, dan tiga sendok makan madu. Setelah diaduk hingga tercampur sempurna, kamu bisa memasukannya ke dalam microwave selama 30 detik supaya tidak terkemudian panas. Setelah itu,  oleskan ke wajahmu, dan diamkan kurang lebih hingga 10 menit. Setelah itu, bilas wajahmu hingga bersih. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, kamu bisa membaca tips menghilangkan jerawat dengan madu yang sudah pernah dijelaskan sebelumnya.

2. Gunakan Toner Alami dari Cuka Sari Apel

Selain menggunakan madu, kamu juga bisa menggunakan cuka sari apel sebagai salah satu tips menghilangkan jerawat di wajah. Cuka sari apel mengandung antiseptik alami, sehingga dipercaya bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Tipsnya mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 2 sendok teh cuka sari apel dengan 50 ml air. Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa menggunakan kapas yang dicelupkan sedikit ke dalam larutan tersebut. Oleskan selama sekitar 2 menit ke bagian wajahmu yang berjerawat, kemudian bersihkan dengan air hangat.

3. Rawat Wajahmu dengan Masker Yogurt

Untuk manfaat yoghurt tak hanya untuk diet, yoghurt juga bisa dijadikan masker untuk menghilangkan jerawat di wajahmu. Pasalnya, kandungan di dalam yogurt dipercaya bisa menyembuhkan luka kulit dan melembapkannya secara  alami. Tips membuatnya cukup mudah, kamu bisa mencampurkan satu sendok makan yogurt yang dicampur satu sendok makan madu. Kemudian, oleskan secara merata ke bagian wajahmu. Proses selanjutnya, diamkan selama 10 menit, baru kemudian bersihkan lembut dengan menyekanya menggunakan kain lembap.

4. Hilangkan Sel Kulit Mati dengan Garam Laut

Pori-pori yang tersumbat dan sel kulit mati bisa menyebabkan jerawat di wajah. Sehingga sangat penting bagi kulit untuk melakukan regenerasi untuk menghilangkan penumpukan. Nah, untuk mengatasinya kamu perlu menggunakan scrub secara teratur dan rutin. Tak harus beli, scrub juga bisa kamu buat sendiri di rumah. Tipsnya, siapkan garam laut, gula merah dan kulit gabah. Sebagai campurannya, kamu bisa menggunakan minyak kelapa, kefir dan madu.

Kemudian, Campuran ini bisa membantu untuk melawan bakteri dan jamur berlebih pada kulit. Sedangkan bahan bertekstur membantu dalam menghilangkan kulit mati. Cara  membuatnya yaitu  campurkan dua sendok makan bahan kering seperti garam laut, gula merah atau kulit gabah dengan sekitar 2 sendok makan campuran lainnya. Setelah itu,  Gosok secara  perlahan pada kulit wajah dalam gerakan memutar. Mulai dari dahi lalu  ke bagian bawah. Untuk itu,  lebih berhati-hati pada bagian yang berjerawat ya,sebab  scrub berlebih pada bagian berjerawat malah bisa merangsang inflamasi. Setelahnya bersihkan dengan handuk atau kain yang agak basah, lalu  bilas hingga bersih.

5. Oleskan Jerawat dengan Antiseptik Alami

Jerawat bisa bereaksi tehadap melaleuca, atau yang lebih dikenal sebagai tea tree oil atau minyak pohon teh. Maka dari itu, minyak ini banyak digunakan di seluruh dunia sebagai antiseptik dan mengobati luka sebab sanggup melawan bakteri serta jamur. Penelitian menunjukkan bahwa gel yang terbuat dari minyak pohon teh mempunyai kandungan lima persen lebih efektif dibandingkan senyawa benzoyl peroxide (benzoil peroksida). Walaupun  begitu, reaksi setiap orang terhadap minyak ini mungkin akan berbeda satu dengan yang lainnya.

Jika  kamu tertarik memakainya, hal yang perlu kamu ingat ialah kamu harus mencampurkannya dengan minyak lain. Pasalnya, minyak ini termasuk keras apabila langsung dioleskan ke kulit. Kamu bisa mencampurkan minyak ini sekitar 8 tetes dengan satu sendok teh minyak jojoba atau minyak kelapa. Lalu, Oleskan ke bagian wajah yang berjerawat Tak hanya itu, hindari penggunaan di daerah mulut atau bahkan tertelan. Minyak ini bisa menyebabkan reaksi beracun mulai dari ruam hingga koma.

6. Melembapkan Kulit dengan Minyak Kelapa

Tips menghilangkan jerawat selanjutnya ialah dengan menjaga kelembapan kulitmu dengan minyak kelapa. Walaupun  munculnya jerawat bisa disebabkan oleh kulit berminyak, menjaga kelembapan kulit yang berjerawat tetap harus diperhatikan. Senyawa asam laurat yang terbisa di dalam minyak kelapa memberikan reaksi yang kuat dalam melawan bakteri penyebab jerawat. Tak hanya itu, minyak kelapa juga mengandung antioksidan dan asam lemak yang bisa membuat kondisi kulit dan rambut lembap dan sehat. Maka dari itu, sebaiknya kamu membaca kembali manfaat minyak kelapa untuk wajah untuk hasil yang optimal.

Untuk pelembap sehari-hari, cukup hangatkan sekitar seperempat sendok teh minyak kelapa, ratakan pada telapak tangan dan usapkan ke seluruh bagian wajah dan leher. Minyak akan menyerap ke dalam kulit selama lima menit. Bersihkan minyak dengan lembut menggunakan kain kering. Jumlah minyak yang telah terserap akan sesuai dengan yang dibutuhkan kulit untuk melembapkan. Minyak kelapa juga berfungsi sebagai tabir surya alami untuk wajah. Apabila dibandingkan dengan tabir surya komersial yang dikemas dengan bahan kimia berbahaya yang bisa mengiritasi kulit sensitif dan kulit berjerawat. Didalam penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa mempunyai  nilai SPF 8, seperti halnya minyak zaitun.

7. Menghilangkan Jerawat Lewat Konsumsi Makanan Sehat

Nah, untuk menghilangkan jerawat kamu juga perlu memerhatikan kesehatanmu dari dalam dengan mengonsumsi makanan sehat. Kamu bisa mengKonsumsi sayuran berdaun hijau, buah dan makanan yang mengandung protein sehat seperti ikan. Tak hanya itu makanan yang mengandung omega 3 juga sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit supaya tidak muncul jerawat. Untuk itu,  Jangan lupa juga mengkonsumsi makanan kaya zinc seperti kefir, yoghurt, daging domba, labu dan ayam. Sebuah studi menunjukkan bahwa tingkat zinc dalam tubuh bisa memengaruhi tingkat keparahan jerawat. Hindari juga mengkonsumsi makanan beminyak, gluten, gandum, gula dan susu kemasan. Apabila kamu ingin mengkonsumsi susu, pilihlah susu murni.

Itulah beberapa tips menghilangkan jerawat yang alami dan efektif yang bisa kamu lakukan di rumah. Mulailah lakukan beberapa tips di atas, dan jaga terus kebersihan wajahmu. Ingat, hindari makanan penyebab jerawat dan mulai konsumsi makanan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.